Pahlawan Kebangkitan (2)

I

Abdullah bin Amr bin Ash mencatat hadits (shahih) dari Rasulullah yang ditanya, “Romawi mana yang akan lebih dahulu dibebaskan Islam?” Beliau menjawab, “Kotanya Heraklius yang akan dibebaskan terlebih dahulu!”

II

Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan. [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]

Gambaran pasukan Muslim dalam Perang Hittin (dalam film Kingdom of Heaven)Namanya kelak mengabadi dalam sejarah Islam.

Nama aslinya Khalid bin Zaid bin Kulayb. Dan beliau punya kenangan manis saat peristiwa hijrah ke Madinah terjadi. Bagaimana tidak? Rumah beliaulah yang ditempati oleh Rasulullah shollallahu alaihi wasallam ketika kaum muslimin hijrah ke Madinah dan kemudian mendirikan negara di sana. Tapi, bukan karena peristiwa itu saja yang membuat beliau menjadi idola kelak pada kesultanan Utsmaniyah, namun karena sebuah inisiatif pada sebuah penaklukan pada masa Muawiyah berkuasa.

Penaklukan Konstantinopel. Peristiwa yang dimaksud untuk pembebasan itu terjadi ketika usia Khalid sudah 81 tahun. Meskipun sudah tua, namun beliau bersikeras untuk ikut serta dalam peristiwa pembebasan ini. Ketika itu pasukan Islam dari Mesir dan Syam ikut bergabung dalam upaya pembebasan Konstantinopel, melawan sebuah imperium raksasa dengan jumlah besar dan persenjataan lengkap: Romawi, yang dipimpin oleh Heraklius.

Ketika pasukan Muslim sedang merapikan barisan dan sebentar lagi bersiap untuk menyerang, berhadapan secara langsung dengan pasukan Romawi, tiba-tiba muncullah dari belakang seorang tua dengan kuda dan persenjataan di tangannya. uda yang berlari kencang membawanya menuju pasukan Romawi, salah seorang muslim menegurnya sebelumnya dan beliau balik membalas “Tidakkah engkau ingat dengan sabda Rasulullah SAW: “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan” ?”. Dan sejarah mencatat orangtua yang berani ini gugur di medan laga itu, setelah sempat dirawat akibat luka parah sebelumnya.

Namanya kelak mengabadi dalam sejarah Islam. Meskipun penaklukan itu belum berhasil, namun ada satu inspirasi di sana: tubuh dan kepala Khalid telah tertanam di benteng Konstantinopel, sesuai wasiatnya sebelum ia syahid di jalan Allah. Maka jadilah ia inspirasi. Meskipun nama aslinya Khalid bin Zaid bin Kulayb, namun kelak ia lebih dikenal dengan nama Abu Ayyub Al Anshari.

Sekitar 700 tahun setelahnya, Muhammad al Fatih (dikenal sebagai Mehmed II, pemuda berusia 23 tahun), benar-benar menaklukkan Konstantinopel, bagian kecil dari daratan yang kini Eropa itu, dan juga bagian kecil dari Romawi. Dan janji Nabi memang benar, tepat janji.

* * *

Saya terpikir salah satu hadits riwayat Ahmad yang saya tampilkan di atas.

Abdullah bin Amru bin Ash mencatat hadits (shahih) dari Rasulullah yang ditanya, “Romawi mana yang akan lebih dahulu dibebaskan Islam?” Beliau menjawab, “Kotanya Heraklius yang akan dibebaskan terlebih dahulu!”

Tidakkah anda melihat keanehan yang sangat jelas dari hadits ini? Kalau anda jeli, pasti anda akan menemukan apa yang saya juga temukan, bahwa ada janji Rasulullah SAW yang belum terpenuhi: Penaklukan Romawi di luar wilayah kekuasaan Heraklius. Dan itu belum terjadi sampai 14 abad kemudian, sampai sekarang.

Saya berpikir, mulai membaca, mulai mendengar hitung-hitungan politik dari peta kekuatan di “Romawi di luar kekuasaan Heraklius”, yang sekarang kita kenal dengan Eropa secara keseluruhan (di luar Turki. Karena Turki sedang dikuasai oleh AKP, partai yang terinspirasi gerakan Ikhwanul Muslimin). Dan saya menemukan beberapa hasil yang luar biasa dan hubungannya dengan pembebasan dalam hadits ini. Persiapkan dirimu.

Insya Allah, hitung-hitungan politis sederhana itu akan saya share di Pahlawan Kebangkitan (3). Saya sedang terfikirkan dua hal:

1. Hadits Nabi: “Menikahlah kalian dan Perbanyaklah Keturunanmu karena sesungguhnya aku berbangga-bangga dengan banyaknya kalian di hadapan umatumat yang lain pada hari kiamat kelak”.

2. Sebuah percakapan di Perang Qadisiyah, antara Rustum (Komandan Perang Kerajaan Sassania) dengan seorang utusan pasukan muslim yang ditunjuk Sa’ad bin Abi Waqqash:

Rustum: “Dengar, saya tahu anda adalah orang Arab yang kelaparan dan miskin, dan saya yakin kalian membuat kekacauan ini karena keputusasaan. Jadi saya beritahu, saya akan memberi setiap kalian dua setel pakaian dan sekantong kurma. Apakah itu akan meyakinkan anda kembali ke tempat anda berasal?”

Utusan Pasukan Muslim: “Kami ke sini bukan untuk MENERIMA apapun dari anda, jendral. KAMI KE SINI UNTUK MEMBERI ANDA ISLAM! Anda sedang berjalan menuju Neraka, dan KAMI MENAWARKAN KEPADA ANDA UNTUK PERGI KE SURGA!”

Akhir-akhir ini, dunia semakin menarik saja.

Bogor, 13 November 2011
di kamar kontrakan,

Muh. Ihsan Harahap

– – –

nb: Gambar dicomot dari Pak Lurah (www.vatih.com)

Advertisements

13 thoughts on “Pahlawan Kebangkitan (2)

  1. Ahmad Alkadri says:

    Bidang politik lagi, San? Dasar… XD btw, kok kamu nge-Like postinganmu sendiri? :O

  2. Pantes masuk HI atau kalo nggak Ilmu Politik, gan? 😀

  3. awanbiru says:

    ditunggu kelanjutannya..

  4. novaliantika says:

    romawi barat..as soon as possible insyAllah..
    yuk siapkan dulu ‘mental2’ kita,,baru bisa jd penakluk..
    nice post..ditunggu lanjutannya..keep posting.. 🙂

  5. novaliantika says:

    700 taun ya?hem,menarik..sy suka cara berpikirnya..
    ditunggu part 3 nya ya dek..

  6. anisa says:

    bgus chibi chibi chibi haaakhakkhaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkk

Komentar..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: